08 Juli, 2017

Cara Menghindari Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

bahaya dan cara menghindari asap rokok

Banyak sekali disekitar kita para perokok aktif, banyangkan jika kita setiap hari harus menghisap asap rokok yang ditimbulkan dari perokok  tersebut. Tidak hanya orang dewasa yang kecanduan terhadap rokok namun anak kecil dan pelajar pun sering kita jumpai.

 Mengapa kita harus menghindari asap rokok? simple saja bagi anda perokok pasif jangan mau tertular resiko dari perokok aktif karena hanya dari asap rokoknya  saja penyakit  bisa datang pada perokok pasif, tidak mau dong  jika harus menerima semua itu. Menghindari asap rokok bagi ibu hamil juga perlu agar bayi yang ada dijanin sehat dan tidak tertular penyakit oleh ulah perokok aktif bahkan bisa mengganggu kehamilan bagi si ibu.

 Upaya menghindari asap rokok sangat banyak, berusaha untuk menghindar langkah yang sangat tepat untuk kita lakukan. Biarkan saja orang berkata apa tentang kita, yang penting hidup sehat yang perlu kita bangun untuk masa depan. Banyak kasus anak harus berpenyakitan hanya gara-gara sering menghirup asap rokok dari ayahnya, begitu miris jika hal itu terjadi pada kita sendiri. Bagaimana menghindari asap rokok?

1. Selalu Menghindar
Hindarilah langkah pertama, jika teman maupun keluarga hendak akan merokok segeralah pergi menghindar dari tempat tersebut dan banyak alasan lainnya yang bisa anda lontarkan sehingga asap rokok tidak ada disekitar kita lagi. Syukur jika perokok aktif menyadari bahwa kita pergi untuk menghindari asap rokok yang dia konsumsi, sehingga yang sebenarnya perlu untuk menjauh adalah perokok aktif bukan perokok pasif, betul kan?

2. Sindir Para Perokok Aktif
Jangan takut untuk menyindir para perokok aktif jika dia marah berarti dia kurang waras bahkan tidak waras, seharusnya perokok aktif sadar bahkan harusnya malu jika disindir oleh perokok pasif. Banyak hal untuk menyindir orang yang sedang merokok disekitar kita misalnya pura-pura batuk, tutup hidung, buang buang nafas dihidung dengan cukup cepat sehingga nafas anda terdengar, mengibas ngibas dengan tangan disekitar hidung, dan hal lainnya yang bisa anda sindir agar perokok aktif sadar bahwa kita tidak senang jika dia merokok disekitar kita.

3. Langsung Bicara Pada Perokok
Membicarakan langsung kepada para perokok adalah cara yang paling sopan untuk menghindari asap rokok, pasti perokok tersebut akan memaklumi dan menuruti apa yang kita inginkan yaitu menghindarkan asap rokok disekitar kita. Jika dia marah berarti dia sedikit...You know lah.
Bahasa saat berbicara pun perlu di perhatikan agar tidak terjadi masalah saat kamu membicarakannya, karena jika kita melakukannya  dengan benar  maka hasilnya pun akan baik, begitupun jika kita melakukannya dengan  salah maka hasilnya pun akan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

4. Masker
Beberapa sumber menyatakan bahwa masker dapat menghambat jalan masuknya asa rokok, karena akan terhalangi terlebih dahulu oleh masker tersebut walaupun akhirnya akan terhirup juga. Namun, dengan menggunakan masker setidaknya persentase menghirup asap rokok berkurang daripada saat menghirup asap rokok secara terbuka.
Diusahakan untuk menggunakan masker baru, karena masker lama atau bekas pasti lebih banyak debu maupun bibit penyakit lainnya, bukannya sehat malah jadi penyakit tambahan.

5. Tegurlah Jika Merokok Disembarang Tempat
Walaupun yang merokok orang tua kita jika dilakukan disekitar kita maupun disekitar orang lain alangkah baiknya tegur saja agar merokok pada tempatnya, beberapa rumah zaman sekarang sudah menyediakan ruangan merokok khusus agar para perokok tidak mengkonsumsi disembarang tempat dirumah kita. Apalagi  didalam rumah terdapat bayi ataupun anak kecil yang sedang tumbuh aktif sangat disayangkan jika harus terkena resikonya juga atas ulah perokok disekitarnya.

Bahaya Asap Rokok


Pasti ada sebabnya jika kita harus menghindari asap rokok yaitu bahaya yang ditimbulkan dari asap rokoknya. Bahkan dengan asap rokok saja bisa menimbulkan kematian, begitu disayangkan jika teman atau keluarga anda bahkan bisa saja anda sendiri yang harus mengalami dari dampak asap rokok ini.

Bersadarkan halosehat.com terdapat beberapa penyakit yang  disebabkan dari asap rokok, apa saja Bahaya dari asap rokok?

  • Penyakit paru
  • Penyakit jantung koroner
  • Impotensi
  • Kanker mulut, kerongkongan, dan usus
  • Merusak otak
  • Penyakit katarak
  • Gigi
  • Penyakit asma
  • Kanker perut dan lambung
  • Gangguan kehamilan
  • Ginjal
  • Kanker leher rahim
  • Darah
  • Dll.
 

Kesimpulan :

Bagi anda perokok aktif hendaklah sadar untuk tidak merokok disembarang tempat biarkan anda sendiri yang menerima resikonya jangan sampai anda malah menyebarkannya. Sayangilah kami sebagai nonperokok yang ingin sehat. Begitu banyak penyakit yang disebabkan oleh asap rokok  yang disebutkan diatas apalagi jika menghirup rokok secara langsung lebih baik berhenti untuk masa depan kita, mending tabung saja biaya untuk rokok dan pakai untuk kebutuhan yang akan datang yang bisa saja terjadi secara mendadak.

Mencegah lebih baik daripada mengobati

29 komentar

Perokok pasif paling bahaya sih kena akibatnya. Sudah dapat racun dari rokok, dapat racun dari nafas yang mengandung karbondioksida dri perokok juga.

Racunnya double.

Thanks infonya gan.

mantap nih om.. temen ane banyak yg perokok.. jadi tau

Untung ane udah berhenti ngrokok.

tapi sekarang cenderung kita memiliki teman yg perokok jadi bagaimana menghindarinya

berani berhenti untuk masa depan

bener memang sangat rugi bagi kita yang sering menghirup asap rokok

lebih menghindar jika teman anda akan merokok, jangan sampai anda terkena juga resikonya

boleh saja anda berteman dengan perokok, tapi saat teman anda mulai menyalakan rokok sebaiknya anda menghindar sampai teman anda selesai merokok

Cara menghindari asap rokok versi ane: Bacok yang ngerokok
:-) (y)
#BatakLae

klo sampe gitu nanti malah kamu yang ditindak oleh hukum Indonesia

dan cara paling efektif adalah menjauh ~~

betul gan.. seharusnya ngeroko itu ada tempatnya sendiri.. kasian yang gak ngeroko

iyh masa yang gak ngerokok harus kena juga.

Denger denger perokok pasif lebih bahaya ya mas daripada yang aktif? Bener gak?

kalo keluarga sendiri yang ngerokok di kamar itu ngeselin banget susah dibilangin, kalaupun saya menghindar mau kemana lagi, mana ngerokoknya malem ganggu banget :(

mantab nih, ngk seharusnya perokok pasif jg kena

bener mas lebih bahaya karena berpotensi mendapatkan penyakit yang saya sebutkan diartikel, menurut beberapa sumber kesehatan juga begitu

Kasihan para perokok pasif. Artikel sprti ini wajib di share bermanfaat baginyang tidak merokok

betul sekali silahkan share agar disekelilingmu tidak kena resikonya juga

boleh nih.. keren gan.. btw ini artikel sangat menghimbau kita untuk tidak merokok. Ane bukan perokok tapi lebih tepatnya perokok pasif bagaus deh btw kalau vape gimana gan???

menurut beberapa sumber yang pernah saya baca, sama saja memiliki resiko yang tinggi bagi penggunanya dan juga mungkin bagi yang menghirupnya. Namun untuk pastinya silahkan tanya dokter agar mendapatkan jawaban yang sebenarnya.

seperti pribahasa
tidak makan buahnya kena getahnya.
mantap ...

mendingan pake masker, kadang kalo ditegur malah galakan dianya :D.

Emang berasa banget kalo deket orang perokok tapi ngga enak juga mau negur udah kebiasaannya dia sih...

Kalau di tegur kaynya saya kurang berani gan takutnya menyinggung perasaan si perokok, tapi di satu sisi kita juga sebagai perokok pasif merasa terganggu

kalau bisa ada bunga lidah mertua (mengurangi pengaruh asap rokok)
karena terbukti ampuh untuk mengubah CO2 menjadi O2

saya heran sudah jelas di bungkus roko bertuliskan "rokok membunuhmu" tetapi masih saja di beli.


EmoticonEmoticon